Jenis-Jenis, Gejala, dan Cara Pencegahan Penyakit Stroke

Februari 19, 2019

Salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat saat ini ialah penyakit stroke. Menurut catatan Kementrian Kesehatan Indonesia pada tahun 2008 bahwa 17 juta jiwa masyarakat harus kehilangan nyawanya karena penyakit stroke. Penyakit ini kondisi dimana saat aliran darah menuju otak terhenti atau tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan otak manusia kekurangan oksigen dan nutrisi yang akhirnya menyebabkan kematian pada sel otak.

Penyakit stroke akan menyerang bagian syaraf yang ada pada otak yang disebabkan pembuluh darah yang pecah atau mengalami penyumbatan. Saat aliran darah ke otak berhenti maka dalam hitungan menit sel otak akan mati perlahan-lahan. Oleh karena itu penyakit ini bisa dikatakan penyakit yang berbahaya sekali.

Jika anda atau anggota keluarga terserang gejala penyakit stroke sebaiknya segera bawa kerumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, karena apabila terlambat mendapatkan penanganan medis akan berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

Jenis penyakit stroke
Penyakit stroke iskemik

Penyakit stroke yang paling sering terjadi dan disebabkan karena adanya gumpalan darah yang menyumbat aliran darah.

Penyakit stroke hemoragik

Jenis ini disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah sehingga darah tersebut mengalir keluar.

Gejala penyakit stroke
Mendadak mati rasa atau kelemahan pada kaki, tangan, hingga wajah pada satu sisi tubuh saja, contohnya pada bagian kanan saja.

Mendadak kehilangan kesadaran, sulit berbicara, hingga sulit memahami yang dibicarakan penderita stroke.

Mendadak merasa pusing, sulit berjalan, hingga kehilangan keseimbangan.

Mendadak sakit kepala yang sangat parah.

Cara mencegah penyakit stroke
Konsumsi makanan yang sehat

Perlunya menjaga berat badan dengan cara yang sehat

Melakukan olahraga secara teratur

Jangan merokok tembakau

Sebaiknya hindari minum beralkohol atau jika ingin minum cukup sedikit saja.

Mencegah penyakit stroke juga bisa dengan banyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian seperti kacang polong. Sebaiknya kurangi konsumsi daging merah dan jaga kolesterol serta lemak jenuh. Anda juga bisa mengurangi konsumsi garam yang berlebihan untuk menjaga tekanan darah agar tetap sehat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »